Inilah Macam-Macam Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari


ciri wanita hamilMau tahu ciri-ciri wanita hamil ? pada kehamilan pertama memang tak semua wanita menyadarinya, bahkan banyak yang menganggap bahwa dirinya sedang sakit. Memang tanda-tanda awal kehamilan tidak selalu terlihat seperti sedang hamil, contohnya saja seperti 8 tanda awal berikut ini :

Sering buang air kecil
Di awal kehamilan Anda akan merasa sering ingin buang air kecil, hal ini disebabkan karena uterus berkembang sehingga menekan saluran kencing dan memancing Anda untuk lebih sering buang air kecil.

Untuk mencegah tidur terganggu, setidaknya sebelum tidur hindari minum air putih atau buang air kecil terlebih dahulu.

Dengarkan tubuh Anda, rilekskan diri ketika hendak berangkat tidur, dan perlahan kecemasan tersebut bisa teratasi.

Nafsu makan meningkat
Anda jadi lebih sering ingin makan ini dan itu, setiap lewat di depan lemari es, Anda akan membukanya dan mencari-cari apa yang bisa dimakan. Hal ini disebabkan karena kenaikan hormon beta hcG yang membuat Anda jadi ingin makan.

Penciuman yang tajam
Mendadak Anda bisa mencium aroma asap rokok dari jarak yang agak jauh, atau aroma tubuh orang yang sedang berbicara di seberang Anda. Sensitivitas penciuman memang meningkat dan bahkan bisa sangat mengganggu apalagi jika Anda tidak menyukai aroma tertentu.

Mual dan muntah
Mual dan muntah disebabkan karena peningkatan jumlah hormon di dalam tubuh, dan bahkan akan berjalan cukup lama hingga 19 minggu. Ada yang munculnya hanya saat pagi hari, ada yang hanya di sore atau malam hari, dan ada pula yang sepanjang hari.

Untuk mengatasi rasa mual ini, jangan biarkan perut Anda kosong. Setidaknya selalu simpan biskuit di dekat Anda sehingga Anda bisa mengisi perut dan membuat mualnya mereda.

Apabila mualnya terlalu mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa jenis susu khusus atau suplemen dari dokter.

Payudara membesar dan lembut
Ada perubahan pada ukuran payudara Anda yang cenderung lebih besar dan lembut. Di saat seperti ini Anda disarankan menggunakan bra yang ukurannya lebih besar dan nyaman. Sport bra adalah salah satu pilihannya karena dapat menopang dengan sempurna dan memberikan kenyamanan.

Atau Anda juga bisa membeli maternity bra yang diperuntukkan khusus untuk ibu hamil.

Nafas lebih pendek
Sebagian wanita mengalami nafas yang lebih pendek-pendek dan agak sedikit sesak. Hal ini sebenarnya disebabkan karena Anda membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tumbuh kembang janin Anda.

Perubahan fisik
Ada perubahan fisik seperti perubahan warna miss V, kelembutan dinding rahim, pinggul yang semakin berisi, dan beberapa bagian tubuh yang ukurannya mulai membesar.

Untuk lebih meyakinkan diri Anda, lakukan test menggunakan alat tes kehamilan dan kunjungi dokter untuk memberikan support secara medis untuk kehamilan agar lebih sehat

Cemas
Cemas dan gelisah bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein atau ketika Anda sedang hamil. Bahkan terkadang kecemasan yang datang berlebihan dan membuat Anda jadi susah tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: