Arti Pengiriman JNE (Lengkap dan Terbaru)


arti jneBagi pedagang online, tentunya sudah tidak asing lagi mengenai jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal dengan JNE, jasa pengiriman JNE sudah tersebar ke seluruh wilayah indonesia, mengalahkan kakaknhya (TIKI), Tiki sekarang sudah sangat jarang di pakai, mereka para pemilik toko online hampir semuanya menggunakan jasa JNE walaupun tarif jasa pengirimannya lebih mahal dari TIKI, yeah Tiki memang menawarkan harga yang lebih murah, namun nyampainya juga agak lama. alternatif jasa pengiriman kedua adalah POS INDONESIA, tapi tidak usah panajang lebar karena yang akan kita bahas kali ini adalah JNE, dibawah ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai jenis produk jne, dan arti jne (istilah2 yang akan anda temui ketika mentracking kiriman JNE)

A. JENIS-JENIS PAKET PENGIRIMAN JNE

  1. Super Speed (SS)
    Layanan yang diberikan oleh JNE kepada pengguna jasa/customer yang memerlukan waktu yang cepat, dimana barang yang dikirimkan akan diterima pada hari yang sama dengan maksimal penyampaian jam 24.00.
  2. Yakin Esok Sampai (YES)
    Service YES atau Yakin Esok Sampai adalah Layanan bagi penguna jasa yang membutuhkan layanan satu hari sampai, dimana kiriman akan di terima pada hari berikutnya dengan maksimal waktu penyampaian jam 24:00
    Atas kegagalan Layanan yang disebabkan kelalaian Internal JNE, penguna jasa berhak menerima kembali Ongkos Pengiriman yang telah di bayarkan ( Money Back Guarantee )
  3. Layanan Regular (REG)
    Service Reguler merupakan Layanan ekspress regular untuk tujuan domestik, mengantar seluruh jenis kiriman anda ke seluruh wilayah di Indonesia dalam perhitungan waktu dengan harga pantas.
  4. Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)
    Layanan yang diberikan JNE bagi pengguna jasa/customer yang membutuhkan harga ekonomis dimana kecepatan tidak diperlukan. waktu penyampaian paling cepat 3 hari kerja sejak barang diterima oleh JNE.

B. ARTI ISTILAH-ISTILAH PENGIRIMAN JNE

Manifest : Barang baru didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman
On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
On-Transit : Barang sedang transit di kota tertentu
Received On Destination : Barang telah sampai di kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan
Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut
Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut
Criss Cross : Barang tertukar
Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
AU to OPS : Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
AU (Antar Ulang) : Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
Redelivery : Antar ulang
BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dsb.
MR (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur
Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah alamat penerima tutup/kosong
NTH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar)
POD (Proof of delivery) : apabila kantor penerima sedang tutup/ libur, maka paket tsb akan di’simpan’ di kantor JNE dan akan di antar ulang di hari berikutnya

C. TRACE AND TRACKING ONLINE

Hanya dengan memasukan Nomer Resi Pengiriman, Penguna Jasa dapat memonitor langsung kiriman Via website http://www.jne.co.id yang selalu Update oleh sistem JNE. Lewat situs yang efektif dan efisien, JNE juga memberi kemudahan akses atas informasi seputar layanan JNE.

D. CEK ONGKOS KIRIM ONLINE

Di situs jne.co.id anda dapat juga mengetahu biaya ongkos kirim, hanya dengan memasukan alamat tujuan dan alamat penerima serta berat barang, penguna Jasa dapat mengetahui berapa harga ongkos kirim paket yg mau anda kirim.

Sekian pembahasan mengenai jasa pengiriman JNE, mengenai produk, istilah jne, tracking, dan cek ongkos kirim, semoga berguna buat anda yang akan mengirim dan menerima barang menggunakan JNE! kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan di komentar ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: