Menjadi Manager Artis


management artis picture

Dalam artikel ini, kami akan membahas sekelumit tentang pekerjaan seorang manager artis. seperti yang pernah saya tulis pada postingan yang lalu,bahwa kita telah kehilangan seorang manager artis terbaik Indonesia yang tidak lain adalah almarhum Teddy Sudjadi, yang telah sukses memanagement ratusan artis Indonesia.

Artis adalah sebuah profesi yang membutuhkan kemampuan khusus. Siapapun yang menerjunkan diri dalam profesi artis, maka kemampuan khusus adalah bekal utamanya. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa untuk menjadi artis, modal utamanya adalah kecantikan.

Tetapi, jika mereka mempunyai kemampuan khusus, yaitu keterampilan akting. Maka artis tersebut mempunyai kans lebih besar untuk berkembang lebih pesat. Jika mereka sudah tenar, maka mereka membutuhkan seseorang untuk mendampingi kerja mereka, yaitu manager artis.

Manager Artis

Manager artis inilah yang mengelola segala kegiatan yang dilakukan oleh sang artis. Dari mulai perencanaan kegiatan hingga pada pengelolaan keuangan. Manager inilah orang pertama yang harus dihubungi jika kita ingin mengundang atau kerjasama dengan sang artis.

Hal ini karena sang manager yang mengetahui semua acara yang akan dijalani sang artis. Jadwal kegiatan sang artis diatur oleh manager. Memang, peranan manager artis sangat penting sebab segala urusan artis dapat ditangani sebaik-baiknya sehingga tidak berbenturan dan semua kegiatan lancar.

Pekerjaan artis sangatlah banyak sehingga tidak mungkin ditangani sendiri. Kelancaran kerja seorang artis tergantung pada orang yang membantu sang artis untuk mengelola profesinya. Dengan adanya manager artis ini, maka tingkat konsentrasi sang artis pada pekerja dapat maksimal.

Oleh karena itulah, maka perlu kesadaran pada masing-masing personal sehingga dapat tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik. Manager inilah yang mengatur kerjasama sang artis dengan semua orang yang terkait dengan kegiatan profesinya. Tanpa melalui sang manager, maka segala urusan dianggap tidak sah.

Manager Artis Harus Kompeten

Ketika seorang artis memutuskan untuk menggunakan jasa manager, maka dia harus memperhitungkan banyak hal. Ini sangat penting sebab eksistensi seorang manager adalah mengurusi segala kebutuhan dan kegiatan artis. Manager artis sangat menentukan keberhasilan seorang artis. Seorang manager harus kompeten dalam bidangnya. Kompetensi tersebut meliputi aspek sosial, aspek managerial, dan aspek keuangan.

• Aspek Sosial

Seorang manager artis harus kompeten dalam aspek ini sebab artis adalah sosok perhatian masyarakat dan selalu berhubungan dengan masyarakat. Oleh karena itulah, maka seorang manager harus mampu menjadi jembatan penghubung antara artis dengan pihak-pihak terkait secara profesional.

Semakin profesional seorang manager artis, maka semakin bagus prospek ke depan sang artis. Manager dapat membina hubungan, menciptakan hubungan, dan memelihara hubungan dengan pihak terkait sehingga eksistensi artisnya tetap terjaga. Semakin bagus kemampuan ini, maka eksistensi artis semakin terbina dan citranya semakin bagus juga. Pada saat memilih manager, seorang artis harus memperhatikan aspek ini.

Aspek Managerial

Salah satu urusan yang harus ditangani oleh seorang manager artis adalah penyusunan jadwal kegiatan dan lobbying dengan pihat terkait. Seorang manager harus dapat mengatur jadwal kegiatan artisnya sehingga semua kegiatan yang harus dilakukan seorang artis dapat terlaksana sebaik-baiknya. Hal ini merupakan upaya untuk menjaga citra diri. Jika artis mampu menjalani setiap kegiatannya, kontrak kerjanya, maka kolega kerjanya akan merasa nyaman dan senang.

Kondisi ini merupakan wujud profesionalisme seorang artis dalam melaksanakan setiap proyek atau kontrak kerjanya. Manager artis harus dapat mengatur jadwal kegiatan sang artis sehingga tidak terjadi benturan yang menyebabkan tertunda atau batalnya kegiatan sang artis. Jika terjadi batal, itu berarti manager artis tidak profesional dan menjatuhkan citra sang artis.

Pada sisi lainnya, manager artis harus dapat melakukan lobbying dengan kolega sehingga setiap saat artisnya dapat memperoleh job atau pekerjaan. Manager artis harus aktif menjemput bola, misalnya kepada para produser yang mempunyai banyak proyek kerja. Manager artis harus mampu melakukan pendekatan kepada mereka sehingga artisnya laku atau dipakai pada setiap proyek pekerjaan.

Aspek Keuangan

Aspek ini sangat penting, sebab dengan kemampuan keuangan yang baik, maka setiap urusan artis dapat teratasi. Manager artis harus mampu mengatur keuangan artisnya sehingga sang artis tidak perlu lagi menentukan nilai kontrak untuk setiap kali proyek. Sang manager yang mengatur sedemikian rupa sehingga setiap kontrak yang didapatkan mampu memberikan pendapatan yang cukup bagi sang artis.

Sementara itu, selain ketiga aspek tersebut, seorang manager artis seharusnya orang-orang yang jujur. Manager artis harus melakukan tugas kewajibannya dengan penuh tanggung jawab. Sikap ini harus diutamakan agar segala urusan berjalan lancar. Hubungan antara artis dan manager adalah saling percaya.

Oleh karena itu, maka perlu keterbukaan kedua belah pihak dalam segala urusan. Jika ada sesuatu yang disembunyikan, maka akhirnya dapat menjadi masalah yang sangat membahayakan eksistensi mereka. Kejujuran merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang manager artis.

sumber: anneahira.com

2 Tanggapan

  1. saya mau jdi manager artis…. gmana caranya?? dan sallarynya brp perbulan??

    • kalo mau jadi manager artis gak perlu ngelamar, asal ada artis yang percaya ama ente aja, udah bisa jadi manager artis, salary ma tergantung job

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: