Minuman Energi Ternyata Berbahaya


minuman energi

Sebuah studi yang dirilis di jurnal kesehatan Pediatrics, minuman energi yang mengandung kafein tinggi serta taurine, guarana dan ginseng bisa menyebabkan stroke dan kematian mendadak.

Dalam penelitian sebuah kelompok dokter Amerika mendorong anak-anak dan remaja menghindari minuman berenergi dan hanya diperkenankan mengkonsumsi minuman olahraga dalam jumlah yang terbatas.

“Anak-anak tidak perlu minuman energi, karena banyak mengandung zat stimulan kafein dan lainnya yang tidak bergizi dan dibutuhkan untuk anak-anak,” kata Dr Holly Benjamin, dari American Academy of Pediatrics.

“Anak-anak mungkin akan lebih rentan terhadap isi minuman energi daripada orang dewasa,” katanya.

Minuman energi mengandung kafein tiga kali lebih banyak dari satu kaleng minuman cola. Bahkan beberapa ditemukan yang mengandung lima kali lebih besar. Biasanya, konsumen yang kebanyakan orang muda ini minum lebih dari satu kaleng minuman energi, beberapa juga mencampurnya dengan alkohol.

Benjamin menambahkan, meskipun tidak ada kasus yang banyak terkait bahaya langsung terkait dengan minuman, stimulan dapat mengganggu irama jantung dan dapat menyebabkan kejang pada kasus yang sangat jarang terjadi.

Lebih lanjut, Benjamin menjelaskan baru-baru ini, ia melihat seorang anak laki-laki berusaha 15 tahun dengan gangguan attention deficit hyperactivity yang datang ke rumah sakit dengan kejang setelah minum dua botol Mountain Dew, minuman ringan mengandung kafein.

“Tragis! Dan mungkin Anda tidak pernah tahu efeknya sampai sejauh itu. Ini jelas sebuah kekhawatiran yang terjadi saat ini,” lanjut Benjamin.

Minuman energi, terutama di Inggris dan Amerika, lekat dengan orang muda. Menurut sebuah penelitian lain, tujuh dari 10 remaja secara reguler minum minuman energi. Sejumlah perusahaan yang memproduksi memang membidik pasar orang muda, caranya rajin beriklan di berbagai ajang olahraga.

Sejumlah dokter dari Departemen Anak di University of Miami yang melakukan penelitian ini menyatakan, minum minuman energi secara teratur bisa memicu diabetes, jantung yang abnormal, membuat mood jadi jelek dan perilaku menyimpang.

“Bagi anak, juga bisa mempuat hipertensi, detak jantung tidak normal dan kematian mendadak,” tulis seorang peneliti.

Benjamin menyarankan, anak-anak sebaiknya banyak mengkonsumsi air untuk memuaskan dahaga mereka. Jika mereka kebetulan menjadi muda atlet berlatih keras, minuman olahraga mungkin bisa membantu juga, karena mengandung gula.

25 Tanggapan

  1. selain minuman berenergi yang mengandung gula tambahan kadang susu juga ada ya..selain itu jg bisa berakibat anak mjd diabetes

  2. ugh…serem juga yah. Tapi kalau masih anak2 mah memang jangan dikasih minuman macam2 atuh.
    makanan/minuman bergula tinggi saja tidak boleh apalagi penambah energy.
    Lagipula anak kecil kan energynya memang sudah melimpah…

  3. walah…
    serem juga yah…
    dari pada minum minuman energi.. mending kalau masih kecil dikasih asupan yang bergizi aja deh..
    kalo gak minum susu juga oke koq..

  4. ewwwwwww… lagian buat apa yah minum minuman energi gitu? mana pakai pemanis buatan pula… ada2 aja deh…

  5. duhhh.. kenapa harus minum minuman kaya gitu sih?
    dah.. yang pasti2 aja.. minum susu, itu kan berenergi..
    tapi nyari susunya juga yang bagus…
    yang kadar gula tambahannya kecil atau bahkan kalau perlu jangan yang pakai gula tambahan deh..

  6. Iya kakak, setuju banget, mumpung masih kecil jangan pernah dikenalkan minuman2 instan…pasti berbahaya.
    Gak cuma kafein tuh yang bahaya…minuman yang manis2 juga bahaya…karena kan tambahan gulanya pasti banyak.
    lebih baik ajarkan minum sehat saja.
    eh iyah, susu formula ternyata gitu juga yah..duhhh…ribet deh sekarang.
    makanya aku selalu menyempatkan diri untuk baca label susu anakku.

  7. ga hanya minuman energi loh yg berbahaya, susu klo mengandung added sugar juga bisa menyebabkan obesitas pada anak, padahal maksudnya orang tua kasih susu kan biar anaknya sehat.

  8. orangtua perlu mewaspadai gula tambahan yang dikonsumsi secara berlebihan setiap hari oleh anak. Kelebihan energi pada tubuh dapat menyebabkan obesitas, karies gigi, dan membangun kebiasaan pola makan yang kurang baik saat anak-anak beranjak dewasa.

  9. wauw..ngeri bgd yahh, diindonesia kan juga banyak minum2an berenergi yang mengandung kafein tinggi serta taurine, guarana dan ginseng..ga nyangka bgd yahhh, padahal kita pikir minuman berenergi itu kan ya jelas untuk membantu menambah energi, eh ga taunya malah bisa menyebabkan diabetes, jantung yang abnormal, membuat mood jadi jelek dan perilaku menyimpang..berarti sama saja seperti mengkonsumsi gula tambahan ya bun, sama2 berdampak tidak baik bisa menyebabkan obesitas, diabetes bahkan sampai jantung segala..emang yang bener sih minum dan makan yang biasa2 aja lah, yang ga berlebihan ini dan ga kekurangan itu..jadi gizi yang kita dapat itu juga pas.

  10. emang lebih baik anak yang masih kecil tidak usah mengkonsumsi minuman yang aneh2 deh ya..daripada terkena penyakit yang aneh2 juga, lebih baik kan dijaga ya bun..jangankan minuman berenergi bun, susu aja yang paling menyehatkan tetap ada sumber penyakitnya kalau terlalu banyak kandungan gula tambahannya..tapi aku punya rekomen susu yang no added sugar nih bun, dari produk anmum essential, lumayan bisa mengurangi resiko obesitas..

  11. wihh ngeri yah mnm an energi ternyata bahaya.. karna kandungan added sugar nya kan… kl buat anak sufor aja sekarag ternya ada yg pake added sugar… ngeri bgt ga tuhh,,, aku kasiha anakku sufor yg no added sugar ngeri bgt dampaknya added sugar buat kesehatan soalnya

  12. untungnya saya ga suka minum2 seperti itu…. anak saya aja sufornya saya pilih yg no adde sugar… ngeri ajah ama bahayanya added sugar….bisa bikin obesitas dan diabetes

  13. aku udh biasain anak2 dan keluarga untuk hdp sehat dgn membatasi asupan gula, selain itu juga berolah raga…smua mkanan dan mnmn kalo bs yg alami dehhh jgn smp ada added sugarnya…..bahaya toh

  14. minuman energi ternyata bahaya ya…added sugar itu ternyata juga berbahaya….dan bukan hanya di minuman berenergi aja sekarang malah susu formula banyak bgt yg mengandung gula tambahan makanya kita harus cermat memilih makanan dan minuman untuk kita dan orang” yg kita sayangi

  15. yg paling aman minum air mineral dan untuk anak kita yg masi kecil beri susu yg tidak mengandung gula tambahan soalnya bersifat adiktif dan efeknya ga bagus buat kesehatan spt obesitas, diabetes dll

  16. suamiku suka sekali olahraga dan minum minuman berenergi tp setelah aku baca artikel ini dan kasi tau dia lsg deh beralih ke air mineral aja dan untuk anakku aku ganti ke susu yg ga pake added sugar krn aku ga mau anakku obesitas apalagi diabetes

  17. makanya mumpung anak saya masih kecil saya menjaga sekali asupan makanan …sampai susu pun jgn sampai ada added sugarnya yg bisa berakibat anak jd obesitas atau terkena diabetes

  18. makanan atau minuman mengandung gula sih emang penting sbg enegi… tapi kalo berlebihan gula bukannya bahaya juga ya? anak2 bisa obesitas trus nantinya bisa aja kena diabetes…bukan ga mungkin kan?

  19. gula yg dikonsumsi berlebihan apalagi dalam jangka waktu panjang terus menerus bisa bikin diabetes dan juga jantung loh! makanya jgn biasain deh anak2 kita makan dan minum yg ga sehat gitu… kalo kebiasaan sampe dia besar gimana? repot kan?

  20. anakku sih aku biasain minum jus aja kalo haus… jd aku sediain dia buah2an sekalian melatih dia bikin jus buah… kalo susunya aku kasih yg no added sugar dong. pokoknya sebisa mungkin ditekan lah konsumsi gulanya seminimal mungkin. asal jangan kekurangan gula aja bisa lemes juga dianya.

  21. minuman energi merupakan salah satu jenis minuman yg banyak mengandung added sugar/gula tambahan yg memang berefek buruk bagi tubuh karena bisa membuat obesitas, diabetes bahkan sakit jantung..
    bahkan dalam susu formula untuk balita juga ada yg menggunakan gula tambahan..
    makanya jika ingin anak tidak beresiko obesitas,diabetes,sakit jantung, berikan anak susu formula yang tanpa gula tambahan,seperti anmum essential..

  22. wah gak nyangka ya kalau minuman energi bisa sampai bikin kejang2..
    mungkin itu juga disebabkan tingginya kadar gula tambahan dalam minuman tersebut..
    memang gula tambahan itu berefek buruk bagi tubuh..bisa menyebabkan obesitas, diabetes bahkan sakit jantung..
    biasakan memberi makanan/minuman yg bebas gula tambahan..khususnya pada balita kita,kita harus biasakan minum susu formula yg bebas gula tambahan,seperti yg diminum anak saya..susu anmum essential..kandungan gulanya 0 gram,jadi lebih sehat untuk anak..

  23. wah,minuman energi yg disebutin diatas itu dulu aku suka minum..serem juga ya kalau bisa kejang2 gitu..untung gak pernah kejadian sama aku..
    bisa jadi karena ada kandungan gula tambahan yang tinggi tuh di dalam minumannya..
    begitu aku tau bahayanya gula tambahan buat tubuh, selesai asi aku langsung memberi susu yang tanpa gula tambahan..karena aku pengen anak ku lebih sehat dan jauh dari resiko obesitas..

  24. kalo memang laki-laki,, nggak usah dibantu minum minuman seperti itu…

  25. ngeri juga ya gan, saya paling sering minum itu gan, apa lagi mau begadang, sering minum minuman energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: