Tips Cara membedakan parfum asli dan parfum palsu


parfum picture

Sekedar info aja parfum palsu merek merek terkenal dijual dengan harga sekitar 60 ribuan, sedangkan yang asli 200 ribuan, nach lo jauh banget kan selisihnya, Gimana sich cara membedakan  parfum asli dan palsu?

berikut ini adalah tip Cara membedakan parfum asli dan parfum palsu atau biasa disebut refill (suntikan), yang saya kutip dari forum kaskus:
ASLI : Dus atau kotaknya masih bagus, belum lusuh.
PALSU : Meski ada dusnya, kemungkinan sudah lusuh.
ASLI : Botolnya mulus, belum ada goresan halus.
PALSU : Botolnya terdapat beberapa goresan halus (scratch).
ASLI : Segel dibawah botol atau batch numbernya masih rapih dan terbaca dengan jelas.
PALSU : Tidak ada segel. Meski ada, nampaknya sudah banyak mengalami goresan.
ASLI : Tutup botolnya masih keras/belum longgar.
PALSU : Tutup botolnya sudah mulai agak longgar.
ASLI : Lihat nozzlenya, kalau baru, belum terlihat banyak goresan..
PALSU : Pada dinding nozzle (pentil semprotan) sudah banyak terlihat goresan.
ASLI : Tidak ada endapan atau kotoran didalam botol.
PALSU : Dalam beberapa hari sudah mulai terlihat endapan atau partikel didalam cairan parfum.
ASLI : Coba semprotkan ke udara sedikit tapi berkali-kali dengan interval sekitar 2 menit didalam mobil yang a/c nya diset agak dingin. Parfum asli aromanya tidak berubah. Terutama “kedalamannya” tetap stabil. Semprotan sedikit maupun banyak, aromanya akan tetap sama.
PALSU : Pada keadaan diatas, kedalaman aromanya berubah-ubah dan cenderung berbau kurang “sreg”.
ASLI : Semprotkan agak banyak ketelapak tangan (sampai basah), sambil dikeringkan (ditiup pelahan), cium terus aromanya. Kalau tidak berubah, bisa dikatakan parfum itu asli.
• PALSU : Menjelang kering, aroma parfum palsu akan berubah.
Parfum Palsu / lokal ini meski pakai box, secara kasat mata saja udah ketahuan. Lucunya semua memakai bungkus plastik, padahal parfum yang originalnya saja tidak memakai bungkus / segel plastik, misalnya Davidoff Coolwater, Hugo Boss Energise, dll.
Ciri bungkus plastik parfum lokal adalah memakai shrinkwrap, yaitu modal bungkus plastik dengan cara dipanaskan, sedangkan pasrum asli bungkus plastik model yg dipilat ketat, tidak dipanaskan, cara gampang nya coba liat bungkus plastik rokok.
Apakah parfum refill itu?
Parfum Refill adalah parfum yang memakai botol asli Parfum dengan isi yang tidak Asli.
Trus apakah isi Parfum refill?
Isi parfum refill adalah biang Parfum dicampur dengan alkohol, metanol (supaya tidak dingin), dan air.
Apakah biang Parfum?
Biang Parfum adalah tiruan / sintesis kimia dari bahan alami. Kalo kamu belajar kimia, para ahli kimia dapat mengetahui komposisi kimia dari bahan alami, dan kemudian diproduksi massal sehingga harga bisa jadi lebih murah.
Apakah beda biang parfum dan parfum asli?
Parfum asli memakai komposi minyak essensial dari bahan alam, meskipun ada beberapa referensi bahan juga memakai sintesa karena untuk menjaga kelestarian alam. Tapi meski memakai sintesa kimia ini, kualitasnya lebih bagus, dan karena parfum asli merupakan campuran berbagai bahan, biasanya tidak berpengaruh. Jadi dalam hal ini ciri masing-masing wangi dalam komposisi parfum asli masih ada (jika penciuman kita tajam, sensitif).
Sedangkan pada biang parfum berbeda, karena yang ditiru adalah komposisi kimia parfum jadi, maka wangi yang muncul adalah wangi yang lebih monoton, tidak ada perubahan wangi yang ditemukan dalam parfum asli yaitu yang sering disebut wangi awal, tengah, dan wangi dasar. Dan karena dibuat dari tiruan kimia, kebanyakan parfum refill lebih tidak stabil terhadap perubahan suhu, jadi bisa merubah struktur kimia sehingga biasanya wangi gampang berubah kalau disimpan lama.
Juga, karena memakai metanol untuk mengurangi efek dingin alkohol, biasanya parfum refill terasa berminyak di kulit. Bahkan terkadang efeknya di kulit bukan hanya berminyak, tapi terasa panas (mungkin efek dari methanol), bahkan semakin parah waktu kita berkeringat, mengakibatkan rasa gatal dan akibatnya kulit menjadi kemerahan (semacam iritasi). Ciri lain parfum refill, adalah kualitas tidak konstan, dimana kadang kalo pencampurnya pas bagus, maka hasilnya juga akan bagus.
Kenapa banyak penjual parfum refill mengaku reject, barang kapal, barang eks diplay konter?
Ketiga alasan itu adalah alasan paling sering dipakai untuk parfum refill. Bagi orang awam alasan ini adalah yang paling gampang diterima, karena memang parfum refill memakai botol bekas parfum asli / original, cuma karena biasanya box parfum sudah dibuang, maka susah sekali bikin boxnya apalagi untuk bermacam-macam varian, maka dipakailah alasan reject, atau barang kapal dengan alasan box rusak dalam pengiriman , atau alasan eks display konter.
Logikanya tak ada Parfum Asli yang di-reject, karena kemasan parfum selalu ada box, baik produk maupun tester, dan selain itu ada box luar lagi yang berfungsi sebagai pelindungnya, dengan standar UN Packaging (Memakai standar UN Packaging karena parfum termasuk barang Dangerous goods).
Masalah Batch code (batch produksi)

Tidak setiap parfum batch code berbeda nomornya. Batch code itu adalah batch production dimana misal tiap naik produksi ada 5000 botol maka ada 5000 botol yg batch codenya sama, bukan tiap botol batch code beda.
Apakah semua parfum ada batch code di botol dan box?
Hampir semua ada, cuma ada beberapa parfum tidak misal FCUK, atao Paco XS atau beberapa tipe lain, tapi sangat jarang biasanya.

Kalo untuk mengetahui jenis-jenis bau atau wewangian parfum silahkan baca disni

Satu Tanggapan

  1. kalo parfum palsu itu ada resiko ke kesehatan nggak ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: