Tanya Jawab Seputar Puasa Ramadhan


marhaban ya ramadhan

  1. Selain berpuasa di bulan Ramadan, apakah ada amalan lain yang sangat dianjurkan di bulan ini dalam Islam?
  2. Apakah kita bisa merasakan bahwa puasa kita itu benar dan akan diterima oleh Allah Swt? Kalau bisa, bagaimana caranya kira-kira?
  3. Sejauh mana puasa memiliki efek bagi kesalehan sosial, sementara praktik puasa itu sendiri difokuskan hanya untuk meningkatkan kesalehan individual?

Jawaban Oleh : Quraish Shihab

  1. Selain puasa, amaliah utama pada ulan Ramadhan antara lain: membaca al-Qur’an, mendalami al-Qur’an, qiyamullail, iktikaf di masjid, siapkan buka puasa bagi orang yang berpuasa, santuni kaum dhuafa, dll.
  2. Bisa, apabila dalam berpuasa kita, misalnya, dapat merasakan Allah dekat dengan kita, menyadari dosa-dosa kita, dan pada diri kita tumbuh kesadaran untuk tobat nasuha, dan kita dapat lebih santun dan lebih peduli kepada sesama.
  3. Puasa akan berdampak sosial apabila mampu menumbuhkan empati pada orang miskin, diikuti amal sosial seperti membayar zakat fitrah, zakat mal, zakat profesi, infak, dan sedekah.

2 Tanggapan

  1. Assalamua’laikum ustadz, saya mau tanya. Istri saya sekarang sedang hamil 8 bulan, dan di perkirakan akan melahirkan dalam waktu kurang lebih 1 bulan kedepan. berdasarkan pemeriksaan dokter kandungan terakhir berat badan istri saya kurang dan ukuran janin yang di kandungnya jg terlalu kecil sehingga akan berbahaya jika waktu dilahirkan nanti jg masih dalam kondisi seperti ini. Oleh karena itu dokter menyarankan agar istri saya tidak puasa dulu, untuk menjaga janin yang dikandungnya. Yang ingin saya tanyakan, apakah istri saya cukup menggati puasa ramadhan yang ditinggalkanya saja atau kah menggati puasanya dan membayar fidyah. terima ksih untuk penjelasanya ustadz. Wassalam

    • @sutrisno–>mangganti puasa ramadhan, kalo tidak mampu maka harus membayar fidyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: