Perlengkapan Dapur Rumah


Berikut adalah sedikit tips dan penjelasan mengenai beberapa perlengkapan dapur rumah (Home Kitchen Apliance),  yang mungkin jarang kita bahas atau kita abaikan begitu saja:

Lemari Es (Refrigator), mungkin peralatan ini bukan perlengkapan dapur yang utama, namun hampir semua orang sudah mempunyai lemari es, dikarenakan fungsinya yang bisa mengawetkan serta menyegarkan sayuran, buah-buahan dan makanan, sehingga akan menghemat  makanan pengeluaran anda

Pressure Cooker atau kita sebut Presto. Panci Presto adalah alat masak yang menggunakan energi dengan sangat efisien serta menghemat waktu. Kalau anda memasak resep yang mengharuskan anda mendidihkan air atau dimasak perlahan-lahan dalam waktu yang lama, Panci Presto anda dapat menghemat hingga 70% dari energi yang diperlukan dan menggunakan sepertiga waktu yang diperlukan. Selain itu Panci Presto juga mengefisiensikan penggunaan air yang diperlukan.

Oven Toaster Elektrik. Oven Toaster Elektrik menggunakan hanya sepertiga energi yang diperlukan oleh Oven biasa dan bila anda ingin memanaskan makanan kecil, Toaster adalah pilihan yang paling tepat. Bila anda tetap memerlukan untuk memakai Oven Konvensional, lebih baik makanan anda memakai tempat berbahan keramik, gelas atau metal karena bahan-bahan ini dapat menahan panas lebih baik sehingga tidak memerlukan energi lebih banyak dan dapat mengurangi temperatur Oven anda.

Microwave juga banyak dimiliki dan sudah menjadi barang yang lazim. Bila harus memanaskan makanan dari kulkas atau bisa juga memasak makanan yang tidak terlalu sulit, Microwave dapat menghemat antara 50-70% energi yang diperlukan.

Ceret Elektrik, Bila anda mau merebus air, cara yang paling efisien adalah menggunakan dibandingkan dengan merebus dengan panci. Bila menggunakan panci, cari tutup yang paling pas agar panasnya tidak keluar.

Dispenser Air, Apa anda tahu bahwa minum air dingin tidak efisien untuk tubuh anda sendiri? Bila anda meminum air dingin, maka badan anda harus mengeluarkan energi dan kalori untuk menghangatkan air tersebut sebelum dapat diserap oleh tubuh. Karena itu lebih baik minum air dengan temperatur ruang, tidak dingin atau panas. Oleh karena itu salah satu peralatan dapur yang dapat diefisienkan adalah Dispenser Air

Mungkin sebagian ini saja perlengkapan dapur yang dapat saya berikan penjelasan, anda dapat menambahkannya sendiri jika ada yang merasa kurang, dengan mengisi di bagian komentar.

3 Tanggapan

  1. Sebagai rasa terima kasih aku mau berbagi link dgn 3 buah blogku yg PR 3, link anda akan kuletakkan ke tiganya tanpa harus dilink balik ke 3 blog tsb, jadi oneway link, mau

    • Okelah kalo begitu !

  2. tolong tny..perbedaan penggunaan oven toaster dan oven biasa.. Perbedaan dari waktu dan suhu panasnya..terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: