Sudahkah Anda Mandi dengan Benar?


mandiSiapa bilang merawat tubuh itu repot? Meski “wilayah” yang harus dikontrol cukup luas, namun jika Anda tahu benar apa yang dibutuhkan tubuh dan wajib dilakukan, maka merawat tubuh akan terasa mudah.

Pertama, kenali tubuh dan seluruh lapisan kulit yang membentang mulai ujung kepala hingga ujung kaki dan terdiri dari sel hidup yang tumbuh dan punya siklus. Artinya, kulit tubuh pun perlu suplai makanan, perawatan dan waktu untuk beristirahat.

Kedua, seiring bertambahnya usia, kerja sel-sel tubuh dan kelenjar kulit otomatis akan ikut menurun. Nah, kedua logika dasar ini harus senantiasa Anda sadari karena kini makin banyak dijumpai tindakan dan perlakuan tidak sehat terhadap kulit. Demi memicu kerja sel kulit, kadang secara ekstrem kita tanpa sengaja justru membuat kulit jadi rusak, jenuh bahkan menimbulkan masalah baru yang kompleks.

Sudah tentu kita menjalani ritual mandi setiap hari. Bahkan ada yang melakukannya lebih dari dua kali sehari. Menjaga kebersihan kulit dengan mandi merupakan perawatan dasar terbaik yang paling sederhana. Tapi, apakah selama ini mandi yang kita lakukan sudah benar dan berkualitas?

Menanggalkan kotoran dan sisa-sisa kulit mati adalah esensi mandi yang tak boleh dilanggar. Jadi, gunakan sabun yang tepat. Gunakan sabun ber-pH seimbang yang mengandung antiseptik. Pembersih dengan busa dan scrubbing juga salah satu ritual bersih-bersih yang wajib dilakukan. Mandi dengan manfaat semi-peeling mampu membersihkan komedo, menyamarkan bekas luka, hingga mengeringkan jerawat di punggung.

Dengan melakukan gerakan rotasi ke arah atas-berlawanan dengan arah gravitasi-kandungan butiran scrub yang terdapat dalam shower gel, sabun mandi, cleanser foam, atau apapun media pembersih yang Anda gunakan, bisa membuat kulit tubuh lebih kencang, cerah, tampak lebih putih dan tentu saja sehat.

Namun, setelah itu segera lembabkan kulit dengan mengoleskan body oil. Mulai dari leher, badan, punggung, lipatan siku dan lutut, kaki hingga jemari. Essential oil yang mengandung aromatherapy bisa juga Anda pilih untuk membantu menenangkan otot, saraf dan pikiran.

Menormalkan kembali kondisi kulit sangat penting. Karena banyak orang beranggapan, kulit yang terasa kencang dan kesat setelah mandi menandakan tubuh telah bersih. Padahal, kondisi ini bisa jadi merupakan gejala awal terjadinya kekeringan di kulit. Atau bisa menjadi gejala penuaan dini dan iritasi kulit.
source:vivanews

Satu Tanggapan

  1. nice inpo…
    jd selama ini gw mandinya ga bener ya…
    untungnya kulit gw sehat2 aja…alhamdulillah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: