Cara Mengintall WordPress di LocalHost


Mengapa harus install wordpress di localhost atau computer sendiri?
Jawabannya kira-kira adalah sebagai berikut:
Karena saya ingin mencoba banyak theme (tema) jadi kita tinggal copy paste aja tanpa perlu upload ke server php, Untuk percobaan editing script wordpress, Dan jawaban yang terpenting dalah supaya kita tidak berlama-lama untuk upload file ke server

Oke, mari kita ikuti tahap-tahapnya!
1 : Install XAMPP
sebuah software untuk menyimulasikan computer kita sebagai server antara lain AppServ, EasyPHP dll. Untuk itu download dulu XAMPP Lite disini : http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html#646 lalu install.

2 : Start XAMPP and make sure the Apache and MySql is running
Untuk mengetahui apakah server lokal kita sudah berjalan, cek di browser kita dan ketik ‘localhost’ pada address bar di browser kita.
3 : Download WordPress

Download WordPress versi terbaru. [LINK DOWNLOAD]Extract di C: \xampp\htdocs Saya asumsikan kita tadi menginstall XAMPP di drive C. Berarti sekarang kita mempunyai struktur folder seperti ini:C: \xampp\htdocs\Wordpress

folder WordPress dapat anda rubah sesuai keinginan anda misalkan kita rubah menjadi percobaan maka strukturnya menjadi begini C:\ xampp\htdocs\percobaan

4 :Membuat Database
Untuk menginstall WordPress, kita bakal membutuhkan sebuah database. Untuk itu kita perlu membuat databesnya dulu.

Dari browser ketik http://localhost/phpmyadmin
Isi nama database yang akan kita buat (misalnya dalam contoh saya buat database dengan nama databesku), lalu klik create.
5 : Install WordPress

Sebelum kita melakukan instalasi wordpress kita harus mengedit file wp-config-sample.php terlebih dahulu, data yang perlu kita ubah adalah

Database name (ganti dengan nama database yang telah anda buat tadi)
Database User (ganti aja dengan root)
Database Password
(boleh anda kosongi)
Database Host (localhost)

Setelah anda rubah, silahkan anda SAVE

Kemudian Mari kita mengintall wordpress

Dari browser, ketik localhost/wordpress/wp-admin/install.php

Kalau kita sudah siap, klik ‘Let’s Go!’
Benar kan seperti kata saya tadi, kita bakal membutuhkan informasi tentang database kita. Untuk itu kita isikan seperti ini:

Database Name : databesku (atau sesuai dengan nama database yg telah kita buat tadi)
Username : root
Password :
(kosongi saja)
Database Host : localhost
Table Prefix : wp_
(biarkan seperti ini, don’t worry about it )

Lalu klik ’submit’.

Note: Perhatikan, username & password disini BUKAN untuk wordpress, melainkan untuk database, maka sebaiknya diisi seperti contoh diatas (default setting untuk XAMPP localhost). Kita tidak perlu merubahnya lagi.
Sekarang database yang kita buat sudah terhubung dengan WordPress. Setelah itu klik ‘Run the Install’

Isi informasi yang diperlukan (Blog Title & E-mail anda). Jangan kuatir, informasi ini dapat diubah nantinya.
Inilah tampilan yang menandakan WordPress sukses diinstall.

Perhatikan! Catat password yang diberikan sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

6 : Login to Your WordPress
Oke, semua langkah instalasi sudah selesai. Sekarang saatnya untuk mulai login ke WordPress kita.
Masukkan username dan password, lalu klik ‘login’. Ingat. URL login blog anda di WordPress adalah :
http://localhost/wordpress/wp-login.php Hal pertama yang harus kita lakukan adalah merubah password kita (dengan password yang lebih mudah diingat) daripada 3xgf5lv9z kecuali anda bisa langsung hafal terus. Hahaha…
Kita dapat masuk dalam halaman option tersebut dengan cara :
klik ‘admin’ di sebelah kanan atas layer, atau tab users > your profile

Selamat Mencoba !

9 Tanggapan

  1. Alhamdulillah aku bisa mampir kemari sehingga bisa belajar banyak dari pemilik situs ini. Tiada kata yang patut diucapkan kecuali rasa terima kasih yang sangat dalam…

  2. saya coba dulu ya bozzz.!!!!
    ntar kalau udah bisa berhasih saya kasih kabar lagi.
    dan sekalian minta ijin ntar kalau berhasih posting ini bakal aku link ke blog aku http://bablashot.blogspot.com/
    terima kasih.
    Mr.Hotbiz.

  3. nyoba dulu neh…tapi kalo ada info cara bikin theme WP share juga dong

  4. mkasih mas tutornya…

  5. tq bro postingnya.. it’s work n nice

  6. terima kasih tutonya . . .😀
    sanagt membantu

  7. thx informasinya

  8. makasih tutornya, lagi belajar WP nih, soale biasanya pakai Blogspot…

  9. thumbs up gann… thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: