Mengamati Hilal Untuk Menentukan 1 Syawal(Idul Fitri)1430H/2009M


Asyik juga loh mantengin angkasa di malem hari, lihatin bulan, bintang, komet dll. menarik sekali sebenernya, apa lagi kalo kamu demen banget sama astronomi, eits bedain ye antara astronomi dengan astrologi alias ilmu peramalan yang jelas ngawur banget dan engga cocok dengan akidah islam. Nah artikel ini bakal ngajakin and memandu kamu menyaksikan bulan tua alias bulan terakhir di bulan Ramadhan 1430 H, loh kok bulan terakhir? iya, setiap pergantian bulan, selalu ditandai dengan bulan mati alias Ijtimak, pada saat bulan mati, bulan engga nongol diseluruh muka bumi, dan ketika nongol lagi sering disebut dengan hilal atau bulan sabit pertama yang bisa dilihat setelah terjadinya Ijtimak, yuk kita lihat lagi lebih detail.

Dari perhitungan para ahli tahun ini bulan terakhir yang bisa kita lihat untuk ramadan 1430H jatuh pada hari 17 dan 18 September 2009, kalo pengen tahu daerah mana saja yang bisa lihat bulan tua Ramadhan 1430H bisa dilihat dari gambar dibawah yang merupakan hasil dari sofware “accurate times” karya Mohammad Odeh dari Jordania.

17 September 2009

Bulan Tua Ramadhan 1430H

18 September 2009

Hilal Tua Ramadhan 1430H

Alhamdullilah kesempatan kita yang tinggal di Indonesia tahun ini cukup besar untuk bisa lihat hilal tua Ramadhan 1430H berdasarkan gambar diatas. Nah untuk temen2 di daerah Bogor dan sekitarnya, kalo mau pada mantengin Bulan tua bisa dilakukan pada:

17-18 Sept 2009 –  karena sunrise (matahari nongol) terjadi pada pukul 5:45 pagi, jadi kamu kudu mengamati sebelum matahari terbit, paling enak abis sholat subuh. Dari perhitungan:

17 September 2009 – Bulan terbit pukul 4:13 pagi, tunggu sampai bulan cukup tinggi untuk dilihat di azimuth 80 derajat, artinya kamu ngadep kira2 ke arah timur laut (antara utara dan timur) namun lebih condong ke timur.

18 September 2009 – Bulan terbit pukul 5:01 Pagi, di azimut 87 derajat, artinya kamu ngadep ke arah timur.

Dengan catatan cuaca mendukung, tidak berawan/hujan, untuk tanggal tersebut bulan bisa dilihat dari Indonesia, td pagi Alhamdullilah walau kondisi Bogor berawan, saya masih bisa menyaksikan hilal tua Ramadhan 1430H abis sholat subuh, walau dengan iluminasi 9.9% (sori gambarnya jelek, krn ngambilnya pake camera HaPe)

old Waning small-16 Sept 09

source:gaulislam

4 Tanggapan

  1. Alhamdulillah…
    semoga saja hari raya Idul fitri tahun ini bisa kita rayakan serentak diseluruh negeri..
    agar rasa kebersamaan dan kekompakan umat islan dinegeri ini semakin erat dan kuat…
    bukan berarti selama ini perbedaan dalam merayakan hari raya idul fitri kita beda terus membuat rasa persatuan dan kesatuan kita melemah…
    ini dikarenakan masih2 kubu memiliki pandangan dalam menentukan hari raya idul fitri jatuh pada tanggal berapa.

    semoga saja hari raya ini bisa kita laksanakan serentak…
    agar rasa kesatuan dan persatuan antara umat beragama agar perpecahan diantara kubu bisa semakin berkurang dan bisa saling mendukung…

    semoga kita bisa kembali ke fitri…
    dan kita bisa kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun depan….Amin..

  2. seluruh muslimin di tanah air mari kita seragamkan hari kemenangan kita tahun ini

  3. bissmillah ..
    kita masuk hari raya ..

  4. Semoga saja lebaran kali ini seluruh umat islam merayakannya brsama2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: