Emha: “SBY Tak Mampu Lawan Malaysia”


emha_ainun_nadjibPresiden SBY dianggap tidak mampu membereskan konflik RI dengan Malaysia meski perilaku Malaysia yang mengakui sejumlah budaya asli Indonesia sebagai miliknya adalah salah klaim, demikian disampaikan ungkap budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) di alun-alun Gresik, Jatim, Rabu (9/9).

“Sudah saya cek ke Cikeas. Ironisnya, pemerintah Indonesia hingga kini belum memiliki kebijakan untuk menyelesaikannya. Presiden menjawab, pihaknya belum mempunyai policy (kebijakan), sebab ini masalah hukum internasional,” ungkapnya bersama grup musik Kiai Kanjeng.

Cak Nun menganggap SBY tidak memiliki kemampuan menyelesaikan kasus tersebut, padahal setiap masalah harus merefleksikan kecerdasan untuk menentukan formula solusinya. “Jika saya diberi wewenang untuk menyelesaikan kasus Malaysia, saya bakal ngomong kepada pemberi wewenang tersebut, bukan di forum ini,” tantang ‘kiai,’ mbeling ini.

Dicontohkan, orang asli Lamongan menjual soto di Hawaii, memang ketika diidentifikasi secara hukum sah apabila soto tersebut disebut Soto Hawaii, tetapi salah jika soto tersebut diklaim milik Hawaii. Sama kasusnya dengan klaim yang dilakukan Malaysia yang mengklaim bahwa Reog di Malaysia sah secara hukum apabila disebut Reog Malaysia.Padahal, Reog adalah milik Ponorogo, Jawa Timur.

“Tidak menjadi masalah ketika Reog Malaysia copy right atau hak ciptanya Malaysia. Salahnya, ketika Reog tersebut diklaim milik Malaysia. Reognya itu tetap milik Ponorogo,” ujar sumi artis Novia Kolopaking ini.

Menurut Cak Nun, kasus dengan Malaysia tersebut bukan sekadar persoalan hukum internasional, tetapi masalah martabat bangsa Indonesia yang telah diinjak-injak. “Seorang lelaki menyatakan cintanya kepada seorang wanita saja ada puluhan cara. Kenapa negara kita menghadapi kasus ini tidak punya cara,” paparnya. (*)

Sumber: Jakartapress

6 Tanggapan

  1. Yah begitulah gambar pemerintahan kita. 🙂 Mau bilang apa? Toh dari awal salah kita juga bukannya buru-buru mengklaim semua budaya kita adalah asli milik Indonesia. Sekarang sudah dicolong baru deha kalang-kabut.😀

    Orang malaysia bilang bangsa Indonesia bodoh. Mungkin ada bearnya. Kita mau saja idbodohi kok.

  2. hati hati ma Upin dan ipin….
    itu buatan malaysia loh….
    mending UNYIL made in negeri kita dewe B-)

    • Betul, protes aja tuch TPI ngimpor film malaysia, di iklanin terus menerus lagi, mending Unyil dan USrok bukan Upin dan Ipin

  3. Presiden SBY Banci, Pecundang karena dicundangi Malaysia gak berani Melawan, Pengecuttt!!! Kasian Rakyat Indonesia TAuuuuu SAkitttttt, Dasar SBY gak punya nyali, di injak-injam Malaysia terus-terusan, masih aja pake cara negosiasi. GAk Tegas gak kayak Pak Harto

  4. Saya pikir saatnya kita sama-sama berpikir jernih dan lebih mendalam dalam menyikapi konflik ini..jangan saling terbawa emosi dengan artikel dan komentar-komentar yang ada dalam berbagai media,forum,dan blog..satu hal yang pasti : ADA YANG DIUNTUNGKAN DARI PERTIKAIAN INDONESIA-MALAYSIA..jadi menjadi tanggung jawab kita bersama untuk lebih memahami kasus ini lebih jernih!!!

    SEDIKIT OPINI YANG MUNGKIN BISA KITA RENUNGKAN SEJENAK DALAM MENYIKAPI KASUS INI..
    Pihak Ketiga dalam Konflik Indonesia Malaysia

  5. […] Emha: “SBY Tak Mampu Lawan Malaysia” […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: