Agustusan gak ada yang pasang Bendera dan Hiasan


Tahun demi tahun, Rasa semangat kebangsaan kian menurun, sudah hampir tanggal 17 Agustus tidak ada jalan-jalan yang meriah dengan bendera Indonesia serta hiasan-hiasan lampu dan gapura, sudah hancurkah semangat nasionalisme rakyat Indonesia?

Cuma pasang bendera aja uda malas, gimana mau mempertahankan dan membangun bangsa, apakah kita tidak ingat dahulu kala para pejuang yang rela menumpahkan darahnya demi terciptanya bangsa Indonesia ini, sedangkan kita hanya tinggal menikmatinya saja, perlombaan-perlombaaan memperingati Agustusan juga sudah sangat jarang sekali kita temui, Ada apa apa dengan Bangsa ini ? Kenapa Pemerintah hanya Diam saja ?

Saya masih ingat sewaktu saya masih SD, belum memasuki bulan Agustus saja,, sudah ramai-ramai mengecat Tugu, Memasang Bendera dan hiasan-hiasan, dan puncaknya adalah pada waktu memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 50 tahun (1995), peringatan 50 tahun Indonesia merdeka adalah  puncak meriahnya memperingati kemerdekaan Indonesia, pada waktu itu mulailah dipasang lampu-lampu hias di kampung-kampung, dan Desa benar-bener indah seperti kota dengan lampu-lampu hiasannya, lomba dimana-mana dari pagi sampai malam, dari lomba gerak jalan sampai lomba karnaval.

Namun yang memprihatinkan buat saya adalah ternyata disamping peringatan 50 tahun adalah puncaknya kemeriahan dalam meperingati kemerdekaaan ternyata juga akhir dari menurunnya semangat dalam memperingati kemerdekaan kita. Hal itu karena saya melihat bahwa pada waktu memperingati 51 tahun, pemasangan bendera Indonesia sudah mulai telat, pemasangan lampu hias sudah mulai menurun, dan pengadaan lomba sudah mulai jarang, sampai pada tahun-tahun berikutnya hingga sampai saat ini, saat yang paling parah sekali. Dan saya sudah tidak sanggup berkata apa-apa, bagaimana dengan pendapat anda?

2 Tanggapan

  1. ya jaman emang sudah berubah,, tapi mengapa jiwa nasionalisme kita juga luntur yaa,,

    jujur aja aku sih juga salah satunya,, gmn ya biar rasa nasionalisme itu tumbuh lagi

  2. kita harus menanamkan jiwa nasionalisme kepad anak2 kita,saya sangat senang sekali melihat film merah-putih,dengan beredarnya film merah-putih kita membangkitkan jiwa nasionalisme kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: