Tips Cara Install Windows Langsung Dari Hardisk


hardiskMengapa harus install windows langsung dari hardisk, hal ini terjadi jika anda bergelut dengan komputer-komputer tua, Pentium III kebawah dan tidak mendukung untuk booting dari external CD maupun flashdisk.

Kejadian ini bermula ketika ada seseorang yang ingin menservice komputernya kepada saya, keluhannya adalah CD ROM drive nya tidak kedetek oleh komputer baik di windows maupun di BIOS nya, dalam bathin saya ini pekerjaan gampang, paling-paling setting jumpernya, akhirnya saya coba benerin dech komputer tersebut dengan mengonta-ganti letak jumpernya supaya CD romnya kedetek, namun dugaan saya salah, CD romya tidak kedetek juga walaupun yang saya pasang Cuma CD romnya doang (hardisk saya lepas), karena gue kesel, gua buru-buru cabut tuch listrik waktu meloading windows, gak taunya malah gak jalan tuch windownya, maklum windows 98. Pusing tujuh keliling dech, uda CD belum bener eeeh malah gak bisa masuk windows, tiap malam kebayang-bayang, mending kebayang cewek cantik, yang kebayang komputer tua yang rusak,, sialannn… setelah cari-dicari sambil minta tolong sama mbah google, akhirnya ketemu dech caranya menginstall windows langsung dari hardisk alias tanpa booting dari CD ROM. Caranya adalah sebagi berikut:

Persiapkan Alat-alat Perang berikut ini :

  1. Seperangkat Komputer sebagai pihak kedua
  2. Sebuah Disket untuk membuat disket booting, download disini
  3. Software partition magic (alternative) atau FDISK
  4. File Smartdrv.exe, himem.sys, dan config.sys anda dapat mendownloadnya disini

Langkah-langkahnya adalah sebagi berikut:

  1. Download Tool untuk membuat disket Booting Win98 Disini, lalu jalankan tool tersebut untuk membuat disket booting, jangan lupa masukkan disketnya terlebih dahulu
  2. Lepaskan Hardisk dari komputernya untuk dipindahkan ke komputer pihak kedua, partisi hardisk tersebut 1 partisi saja kemudian format dengan type FAT32(supaya bisa dibaca oleh DOS) dengan program partition magic atau dengan program FDISK (DOS)  yang telah anda download dan anda install sebelumnya.
  3. Copykan semua file CD installation windows  ke hardisk, dan jangan lupa copykan ke3 file berikut (Smartdrv.exe, himem.sys dan config.sys) namun yang paling penting adalah file smartdrv.exe, karena file ini berfungsi untuk mendeteksi secara otomatis file-file instalasi windows anda.
  4. Setelah langkah 1 s/d 3 selesai, pasang lagi hardisk anda pada komputer tua yang mau diinstall tadi
  5. Nyalakan komputer yang mau diinstall dan set booting utamannya (set boot device priority) adalah disket / floppy disk, maka komputer akan melakukan booting dari disket tersebut dan muncul promt A:/>.
  6. Ganti promt A:/> tersebut dengan prompt hardisk anda, ketikàC: kemudian Enter
  7. Pindah ke directory I386 dengan cara seperti ini C:/>cd I386 kemudian enter maka hasil yang muncul dilayar adalah seperti ini: C:/>I386>
  8. Setelah masuk ke directory I386 ketik winnt.exe untuk memulai menginstall windows XP ( ketik: C:/>I386>winnt.exe kemudian enter), ikuti petunjuk proses instalasi yang muncul dilayar sampe selesai. NB: Proses Pengcopian file-file instalasi akan terjadi 2 kali.

Selamat Mencoba jika anda mengalami hal yang sama seperti saya, silahkan bertanya jika ada kesulitan, ohya percoban ini saya praktekkan pada komputer PIII 500Mhz,  hardisk 6GB, dan memory 128MB, memakan waktu install windows XP kurang lebih 1 setengah jam.

15 Tanggapan

  1. wah kelamaan tuh, kalau saya biasa di ghos aja 7 menit selesai tanpa ribet lagi

    • @zian–>di ghost itu kalo sama matherboardnya!! kalo tidak sama, kemungkinan berhasil hanya 5%

  2. om t4 saya kok ga bisa yah??? tengah jalan copy filenya pasti ada yg macet sampe ditu . pas bagian setup is copying files. pas pada bgian ini. disuruh press esc to skip the file atau enter to retry karena ada file yg ga bisa di copy. di retry ga bisa, ga mempan bisanya esc. tau sendiri file install klo ada yg di skip satu ajah uda macet tuh instaler ga mao ngeboot ke window.

    padahal uda ikutin tutor diatas filenya copy ke hdd dolo. trus install lwat hdd. sbenarnya nih kom ada dvd room,cd master,cuma kom jadul persis dengan spek om diatas. tapi instal lwat dvd room juga gagal trus ada filenya yg ga bisa tercopy, makanya nyobain make cara install via hdd. dengan harapan ga muncul eror yg sama. ga taunya sama ajah.

    yg anehnya install dikom laen malah lancar padahal make master + dvd roomnya sama. eh giliran mao install yg di p3 macet di tengah jalan. kira2 kenapa yah???

    saya juga udah coba instal pindah2 hdd gitu. install xp di kom yg bgus. ntar hdd yg uda dinstall dipasang ke P3. hasilnya boot failure. ga bisa apa2 juga.

    aduh, mentok sampe disini saya. smua cara uda dipake. huh…mohon masukannya om. install win 98 pun gpp klo mank bisa. tapi ini juga ga bisa. bagian copying files juga ga bis ap2 lagi. maonya ci bisa installxp om. nih spek komnya om.

    hdd 10 gb
    proc P3 500 mhz
    memory 128 mb.

    salam kenal

    eddy

    • hardisk nya kali broo, banyak bad sectornya, beli hardisk lagi aj, paling 10 gb cuma 50.000

  3. untuk Pak Edi. copy ulang windows xp nya ke Hard disk kemungkinan file dari cd tersebut rusak. jiga tidak mau juga copy ulang dengan cd xp yang lain yang bagus. jika pada saat instal mengalami error yang sama atau lainnya maka periksa hal ini bisa disebabkan oleh ketidakstabilan hardware.

  4. baguslah

  5. wahh… sangat bermanfaat bro.. tq banget yah…

    salam
    http://mediaglobalinformasi.co.cc

  6. pak khabibkha.
    saya mau nanya pak
    saat ini saya sedang menginstal ulang komputer.
    yang kendalanya sama seperti yang bapak ceritakan disini😀
    setelah berhasil peng copyan file yang pertama.
    tp kq gak jalan pada peng copyan file yang kedua ?
    apakah perlu perubahan pada setingan bios. ?
    ketika komputer restart untuk pengcopy an file yang kedua pak ?

    terima kasih pak sebelumnya🙂

    • seingat aku waktu restart yg kedua, buru-buru gw lepas disketnya, supaya gk booting dari floppy

      • terima kasih pak..
        akan saya coba lagi🙂

  7. wkwkkwkwwkkwkkk

    ngakak w .. tiap maLem kbayang2 ..hahaha

    emang ia sii, kaLo da kompi yng menakutkan kea gt kbayang2 mLu .. = =”
    hha
    tkz info’a nh bagus …😀😀

  8. disketnya bs gk d ganti ama flashdisk

    • bisa, asal komputer gana ngedukung booting dari flashdisk

  9. bos kalau ngk ada ploppyna bisa ngk???

    • gak bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: