Rahasia Kode Resep Dokter


dokterDokter seringkali memberikan resep dalam format tulisan “ceker ayam”. Dan kalau kita perhatikan seringkali digunakan singkatan latin untuk menuliskan resep seperti : Sig: I tab p.o. b.i.d p.c. yang artinya minum 1 tablet 2x sehari setelah makan. Ada baiknya kita tahu rahasia kode resep ini paling tidak sebagai tindakan preventif kalau dokter salah memberikan resep. Bukankah dokter juga manusia ?

Kode asal kata arti
a.c. ante cibum / cibos sebelum makan
a.d / AD aurio dexter telinga kanan
a.l. aurio laeva telinga kiri
a.s. / AS auris sinister telinga kiri
a.u. / AU auris utro kedua telinga
aa ana tiap-tiap
ad ad hingga /sampai
ad. Lib. ad libitum digunakan sesuai keinginan (bebas)
alt. die. alternus die setiap lain hari
alt. h. alternus hora setiap lain jam
amp. ampule 1 dosis unit
aq aqua air
b.d. bis die 2x sehari
b.i.d. bis in die 2x sehari
b.i.n. bis in noctus 2x semalam
bis bis dua kali
bol. bolus sebanyak dosis tunggal
cap capsula kapsul
cc cum cibos dengan makanan
cc cubic centimetres sentimeter kubik
comp. comsitus diloleskan
d dies hari
d.t.d dentur tales doses berikan sesuai dosis
dieb. alt. diebus alternis setiap lain hari
div. divide dibagi
emp. ex modo prescripto sesuai petunjuk
emul. emulsum cairan pengemulsi
eq. pts. equalis partis bagian yang sama
ex aq ex aqua dalam air
fl. ,fld. fluida cairan
g gram gram
gr grain grain (1 gram=15 grain)
grad. gradatim berangsur-angsur
gtt. gutta diteteskan
h. , hr. hora jam
h.s. hora somni waktu tidur
i, ii, iii, or iiii doses jumlah dosis
I.D. intra dermal disuntikkan di bawah kulit
I.M. intra muscularly disuntikkan ke dalam otot
I.P intra peritoneal disuntikkan di bawah selaput
I.V. intra veneously disuntikkan ke dalam nadi
inj. injectio suntikan
in p. aeq. dividiatur in partes aequales dibagi menjadi bagian yg sama
lin linimentum digosok
liq liquor solution
lot. lotion pelembab
m, min. minimum minimal
M. Misce campur
mane mane pagi hari
mcg microgram mikro gram
mEq milli equivalent mili ekuivalen
mg milligram mili gram
mist. mistura campur
mixt. mixtura mixture
ml millilitter mili liter
nebul nebula semprotan
no. numero nomor
nocte nocte malam
noct. maneq. noct maneque pagi dan malam hari
non rep. non repetatur tidak dapat diulang
npo nill per os tidak ada yg melalui mulut
o.d / OD oculus dexter mata kanan
o.l. oculus laeva mata kiri
o.m. omni mane pada pagi hari
o.n. omni nocte pada malam hari
o.s / OS oculus sinister mata kiri
o.u / OU oculo utro setiap mata
opth opthalmic pada mata
os ossa tulang
otic otical pada telinga
p.c. post cibum setelah makan
p.o. per os melalui mulut
p.p.a. phiala prius agitata dikocok dahulu
p.r pro rectum melalui anus
p.r.n. pro re nata sesuai kebutuhan
p.v. per vaginum melalui kelamin wanita
per per melalui
pil pilula pil
pulv. pulvis bubuk
q quaque setiap
q._h quaque …. hora setiap …. jam
q.3h quaque 3 hora setiap 3 jam
q.a.d quaque alternis die setiap hari yang berbeda
q.d. / QD quaque die setiap hari
q.h.s quaque hora somni setiap menjelang tidur
q.i.d. quarter in die 4x sehari
q.o.d. / QOD quaque os die setiap hari yang berbeda
qq. hh. quaque hora setiap jam
q.q.h. quarter quaque hora setiap 4 jam
q.s. quantum sufficiat gunakan secukupnya
qAM quaque ante meridiem setiap pagi
ql quantum libet sebanyak yang diinginkan
q.p. quantum placeat sebanyak yang dianjurkan
qPM quaque post meridiem setiap sore
qv quantum vis sebanyak
R/ recipe ambil
rep. , rept. repetatur dapat diulang
Rx radix resep
s sine tanpa
s.a. secundum artum gunakan sesuai pertimbangan
s.i.d semel in die sekali sehari
s.o.s. si opus sit segera jika dibutuhkan
SC, subc, subq,subcut sub cutem disuntikkan di bawah kulit
Sig. / S signa, signetur tulis pada label
SL sub lingualy di bawah lidah
sol. solutio larutan
ss. semis setengah / separuh
stat. statim segera
supp. suppositorium obat perangsang
susp. suspentium penyerapan
syr. syrupus sirup
t.d.s ter die sumendum 3x sehari
t.i.d. ter in die 3x sehari
t.i.w. ter in w 3x seminggu
tab. tabella tablet
tal. talus seperti
tbsp. tablespoon sendok makan (15 ml)
tr, tinc., tinct. tincture larutan dlm alkohol
troche trochiscus obat batuk
tsp. teaspoon sendok teh (5 ml)
u.d. / ut dict. ut dictum sesuai petunjuk
ung. unguentum obat salep
vag. vaginum alat kelamin wanita

35 Tanggapan

  1. Nice Info…!!!

  2. makassssih infonyaaa…hmmm boleh g tak post di blogku???

  3. menarik-menarik….

  4. MANGSTABS GAN!
    kena kalian para dokterrrr
    kubaca resep kaliaaaannn

  5. Terima kasih postingannya, menambah wawasan, betul juga dokter jugakan manusia, karena sering terjadi kasus ketika diberi obat malah gatelen seluruh badan bengkak-bengkak dan akhirnya meninggal selidik punya selidik dokternya salah memberikan resep, Ya wong dokter kan manusia juga. Okay sukses untuk anda.

    Regards , agnessekar.worpress.com

  6. wah banyak kode² nya

  7. G juga biasanya klo nebus Obatnya di Apotik
    Pasti Apotekerx Jelasin Koq

    Kcuali klo dokterx Langsung yg ngasih Obat tersebut

    Sbenarx ada salah persepsi selama ini ttg Dokter

    Tugas Dokter sbenarnya sampai dengan Menentukan Diagnosa Penyakit Pasien…

    Salnjutnya yg memberikan Obat adalah Apoteker
    Sesuai dengan jenis Penyakit yg di Diagnosa oleh Dokter ybs, karena yg lebih mengetahui ttg Obat adalah Apoteker…

    Jadi ad pembagian Tugas slama ini yg belum dipahami secara luas oleh Masyarakat

    Tetapi karena keterbatasan tenaga, misalnya di daerah terpencil Dokter jadi merangkap smua

    Bahkan Perawat bisa menjalankan Tugas Dokter
    yg seharusx hrs ada rekomendasi…

  8. hmm..ini sih pelajarannya anak2 farmasi. ga terlalu rahasia kok saya pikir. apalagi dokter kadang suka cari gampang. jarang banget di resep ketemu s.b.d.d 1 tab, seringnya cuma s.2.d d 1, ditebak orang awam pun bisa. CMIIW, cuma pengalaman saya waktu jadi AA

  9. iya nih dokter kenapa selalu pakai tulisan yang di singkat singkat yah?
    kadang jadi bingung tu tulisan baca nya apa si?
    ternyata ada artinya juga yah?
    dapat dari mana nih?

  10. gilaa…. dokter bisa hapal smua ini gimana caranya yaA????

  11. wah wah wah…
    informasi yang mantaps…
    makasih banged

  12. weleh, situh dokter ya??

  13. Terimakasih sekali, sangat bermanfaat !! Jika diperkenankan bolehkan sy mengkopi ?

    sabdalangit’s web
    “jalan setapak menggapai spiritualitas sejati”

  14. Yang penting kalau ke dokter berikan informasi yang benar tentang keluhan kita ( ibarat kita ke bengkel mobil, kalau kita tidak menjelaskan apa keluhan mobil kita, sudah pasti montir mobil juga bingung ), dokter akan menyimpulkan dari keluhan kita ( jangan karena malu atau takut ketahuan tidak kita informasikan dengan benar ). Cari dokter yang bisa diajak komunikasi 2 arah. kemudian minta informasi obat apa saja yang akan diberikan, masalah yang baca resep itu sih tugasnya apoteker, ngapain juga repot, yang penting kita tahu secara garis besar fungsi obatnya.

  15. Thanks untuk infonya

  16. nice info

    salam,
    http://bursasepatu.wordpress.com
    http://planetshoes.wordpress.com

  17. Wa..info yang canggih… Thanks a lot!

    Salam,
    htpp://tikawe.wordpress.com

  18. Wah harus dihafalin ya…
    Mantap…!!!

  19. Wah seperti tulisanku, he….he…he….

  20. iyaah harus dihapalin, masa kalau ada pasien datang si dokter buka “CONTEKANNYA” kan gak lucu,hehehe..

  21. walah… pantes kayak ceker ayam.. cuma kode2 doang toh..😀

  22. wah, boleh minta resep dong!!!
    aku lagi …………….
    dak bisa …………..
    caipa tau kmu …………
    salam kenal

  23. thx. kalo bisa sekalian bikin buku “how to read doctor’s prescription” terutama bagaimana membaca tulisan dokter yang amburadul. apa resep dokter gitu ya? mungkin di fakultas kedokteran seharusnya ada mata kuliah menulis resep yang baik. atau emang disengaja jelek, biar nggak kebaca orang awam?

  24. BOLEH…
    http://WWW.FATHULHIDAYAH.CO.CC

  25. makaciz atas infonya…
    aq adlh anak yang baru ltihan ngeblog jadi bisay ngopy2 g2…
    bleh zz….????
    moga qm bza bantu aq..

  26. oo.. gue baru tau loh.. seriusan..

    thanks for da info

  27. hahahhaha…
    artikel ni tuh g da gunanya buat org awam.
    klo dah tau trus mo dipake buat apa?
    blajar mmbaca?
    kan dah ada profesi yg bisa transate-in resep dokter.
    namanya FARMASIS / APOTEKER.
    kuliahnya 4 tahun S1 (sarjana farmasi)+1 tahun profesi (apoteker).
    itu tuh yang kerja di apotek (BUKAN TOKO OBAT).
    g usah repot2 bawa kamus ini.
    dan PASTI ditolongin.
    g da gunanya menahan informasi resep dokter dari pasien.
    yang ada juga ntar salah pemahaman, ngeresep sndiri, +sakit sndiri, biaya sndiri, yg mati juga sndirian.
    klo obatnya kemahalan bisa ditanyain ke farmasisnya biar digantiin obat yang lebih murah.
    g ada biaya tambahan.
    murni hanya bayar obatnya.
    karna itu dah diatur dalam etika n UU kesehatan di negara sodara-sodari sekalian menetap.
    jadi profesi itu g main2.
    tapi I appreciate yg dah mo cape2 ngumpulin bahan ini untuk info.
    jadi sy sbg farmasis bisa kasih INFO LEBIH yg gak akan merugikan kalian semua.
    PISS!!!

  28. terima kasih artikel anda sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga comment 391

  29. Gitu aja kok repot
    wakakak

  30. sayang sekali contoh singkatan yang diberikan diatas diambil dari situs web luar. Semua singkatan (abbr.) yang tertulis diatas digunakan HANYA di luar negeri, spesifik U.S.

    Walaupun terdapat beberapa kesamaan (krn diambil dari bahasa LATIN…. tetap saja penulisan dan tata cara berbeda.

    contoh:
    tbsp. (tablespoon)…. di Indonesia menggunakan C (sendok makan) Cth (sendok teh)
    t.i.d (three times in a day) di Indo adalah 3 dd 1

    NB: juga terdapat banyak kesalahan pengertian dalam list diatas..
    mis.
    “no” numero tidak cuman berarti nomor, tetapi jumlah total sediaan / atau Qty=Quantity di luar negeri
    “unguentum” bukan salep. Salep sendiri ditulis sebagai Zalf. Unguentum adalah obat yang dioleskan (cair /ointment).
    “pr” pro rectum (again) digunakan di luar karena mereka musti menuliskan persis masuk lewat mana, sedangkan di Indo digunakan bentuk sediaan (sehingga JELAS gimana cara pakai). Di Indo lebih digunakan istilah Supp. /Suppositoria = obat yg leleh atau hancur pada rongga anus atau vagina (atau per vaginam).

    • thanks

  31. bisa artiin resep dumolid ga..
    plis..

    • @fajar black–>maaf saya kurang tahu tuch

  32. nie kode resep banyak yang salah. klo dosen gua di kampus tau bisa ketawa dia.hahahahaha

  33. betul…..pak dokter n kritikus…z tambah ya…ini bisa menyesatkan orang2….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: