Olimpiade Bijing 2008 Akan Segera Di Mulai


Sebentar Lagi Pesta Olah Raga Dunia akan segera di mulai, pesta olah raga tersebut adalah Olympiade, Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepak bola, layar, dan berkuda akan diadakan di kota-kota Tiongkok lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo resmi pertandingan, berjudul “Dancing Beijing” (Beijing Menari), dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing”, merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; secara harafiah bermakna “boneka-boneka keberuntungan”), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade adalah “One World, One Dream” (Satu Dunia, Satu Impian). Olimpiade Beijing akan terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Stadion sarang burung adalah stadion kebanggaan Cina yang coraknya mirip sarang burung. Lainnya adalah arena untuk cabang senam dan olahraga air. Adapula basket, arena gulat, dan tenis meja. Banyak arena olahraga lainnya yang tak kalah unik.

Fasilitas olahraga bukan satu-satunya yang menjadi perhatian. Beragam objek wisata bernilai sejarah juga akan dipromosikan Cina dalam Olimpiade yang dimulai 8 Agustus mendatang.

Sementara itu, ribuan calon pembeli antre di tempat penjualan tiket olimpiade di Beijing. Sebagian dari mereka yang tak sabar sempat berebut sehingga aksi saling dorong tak terelakan. Di antara mereka ada yang mengaku datang sejak dini hari untuk bisa mendapatkan tiket.

Sebanyak 250 ribu tiket yang tersedia merupakan sisa dari tiket domestik yang sebelumnya dijual dalam tiga tahap melalui sistem lotere. Kendati sudah antre berjam-jam, masing-masing pembeli hanya bisa mendapatkan dua tiket.

Lebih dari 100 polisi dikerahkan untuk mengamankan penjualan tiket. Tak hanya mengawasi antrean pembeli, polisi juga berusaha mencegah media merekam gambar aksi dorong dalam antrean. Setidaknya seorang juru kamera mengeluhkan kameranya rusak.(YNI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: