25 Nama-Nama Nabi dan Rasul


Mulai bulan ramadhan blog kami akan lebih banyak memposting artikel-artikel religi, dan ini adalah artikel pertamanya. Sudah hafalkah anda naman-nama Nabi dan Rasul secara urut, Dalam agama islam terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui dengan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi yang terakhir untuk seluruh umat sampai akhir zaman, berikut adalah urutan-urutanya
1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW.

Nabi yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan kenabiannya :

1. Nuh AS.
2. Ibrahim AS.
3. Musa AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW.

About these ads

60 Tanggapan

  1. [...] 25 Nama-Nama Nabi dan Rasul Mulai bulan ramadhan blog kami akan lebih banyak memposting artikel-artikel religi, dan ini adalah artikel pertamanya. Sudah hafalkah anda naman-nama Nabi dan Rasul secara urut, Dalam agama islam terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui dengan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi yang terakhir untuk seluruh umat sampai akhir zaman, berikut adalah urutan-urutanya 1. Adam AS. 2. [...] [...]

    • bagus cayank ntu berguna bggt

  2. kunjungan ciankk
    terima kasih buat infonya..
    mohon di up date gi..

  3. Thank atas blog islami

  4. Thanks. . . Y

  5. mantap….! smoga banyak manfaatx……

  6. anehnya smua nabi diatas kecuali

    Muhammad SAW.
    1. Adam AS.
    2. Idris AS.
    3. Nuh AS.
    4. Hud AS.
    5. Soleh AS.
    6. Ibrahim AS.
    7. Luth AS.
    8. Ismail AS.
    bukan keturunan orang israel, anehnya knp smua nabi kebanyakan dari israel? knp dari arab cmn nabi muhammad heran banget!!

    • bukan keturunan israel. tapi ibrahim bos. Israel itu bukan manusia, tapi suku. Muhammad SAW keturunan Ibrahim As. dari Ismail. Okey..

      • yahudi tepatnya, memang mereka bangsa pilihan…
        ada tertulis di kitab nabi musa, Allah Berfiman :
        ” Aku akan memberkati bangsa yang memberkati mu dan akan mengutuk bangsa yang mengutukmu”
        Hati-hati Bos…
        Kenapa negara yang mayoritas Muslim banyak bencananya adalah karena mengutuk bangsa Yahudi
        Pada hal yang mengatakan itu adlah Allahnya Abraham…
        Jangan dualisme….

      • setahu aku nb ibrahim punya keturunan ishak dan ismail.
        nabi ishak (ibunya bernama saroh/wanita merdeka) punya keturunan namanya ya’kub ( julukannya ISROIL ) anak turunnya disebut BANI ISROIL / keturunan isroil ( umumnya nama suku diambil dari nama kakek mareka ). dari bani isroil ( yang umumnya berdomisili di syam dan sekitar baitul maqdis ) banyak yang dijadikan nabi dan rosul ( yusuf, musa, isa dll) sampai pada kitab taurot dan injil yang menyebutkan akan ada nabi terakhir, mereka beranggapan nabi tersebut dari bani isroil juga. tapi ternyata Alloh menghendaki nabi terakhir dari keturunan ismail ( ibunya bernama hajar / budak. berdomisili di mekkah ) walaupun sama2 keturunan nabi ibrohim tetapi bani israil menganggap keturunan merekalah yang lebih pantas dijadikan nabi karena keturunan orang merdeka. sehingga atas kesombongannya itulah mereka tidak mau mengikuti nabi Muhammad. adapun alasan knapa yang dipilih nabi Muhammad itu adalah hak Alloh.

      • umat islam menghormati kitab2 terdahulu (Taurot, Injil) dan juga penganutnya yang mau mengamalkan kitab sucinya dengan murni dan menerima nabi selanjutnya, karena pada hakikatnya mereka (penganut taurot injil) juga mengikuti agama kakeknya, Ibrahim yaitu Islam (menyeru kalimat : Tiada Tuhan Selain Alloh). akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengamalkan kitab2 mereka ( bahkan merubah ayat2nya) dan pada puncaknya mereka enggan menerima Muhammad sebagai utusan. Maka Alloh “Allahnya Abraham” melaknat mereka sebagai golongan yang “dimurkai” dan “disesatkan” QS Al Fatihah ayat 7. ( kecuali apabila mereka mau mengikuti Al Qur’an )

      • Di dalam memilih sebuah keyakinan, tidak cukup hanya bedasar sebuah prasangkaan semata.
        Silahkan kunjungi web ini = http://www.youtube.com/watch?v=Y4vNTvhLBt4

    • seperti yg telah banyak dikisahkan, israel bobrok moral lalu datang nabi begitu berulang – ulang, berjaya dikit betingkah,selesai dari penderitaan lalu maksiat, begituuuuuuuuuuuu terus, gak heran deh, lalu juga umat yg terkenal sombong, membantah nabi dan suka putar balik fakta, maka tuhan banyakin nabi

      • sudah tersurat dan tersirat dalam al’quran, bahwa bangsa yang terpilih adalah isroil, karena mereka (isroil) terlalu bebal, maka Alloh akan mematikan mereka dengan caraNya sendiri.
        kita umatnya Muhammad SAW yang merupakan penyempurna agama harus lebih pandai dari mereka (bani isroil)agar dapat terus menguatkan agama ini dan ‘menyempurnakan’ agama Alloh sesuai syariat.

      • Sesungguhnya orang orang kafir,sama saja atas mereka,kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan,mereka tidak akan ber Iman (QS. Al Baqoroh no 6.)

        Allah telah menutup hati dan pendengaran mereka dan pada penglihatan mereka ada penutup; dan bagi mereka azab yang berat
        (QS. Al Baqoroh no 7)

    • Maha besar Alloh yang mengetahui segalanya.
      1. itulah rahasia yang harus kita pelajari. mengapa bani Isroil begitu hebatnya.???

      2. sedangkan Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang diturunkan oleh Alloh dikaum yang paling jahilliyah yang akhirnya mampu membawa perubahan.

      alhamdulillah atas kehendak Alloh kita menjadi umatnya Muhammad..

      • muhammad adalah nabi yang sangat patuh kepada allah, dia melakukan apa saja yang di printah kan oleh allah..
        contoh sepeti itulah yang harus kita teladani..

    • kmu tw dri mna

      • dari alquran

  7. assalamualaikum….
    maaf! para pembaca situsini.
    bukan maksud saya menyalahkan urutannya!
    tp sedikit pemasukan dari saya!
    1-5sudah benar
    6-7 sedikit beda!
    6. ibrahim
    7. luth
    8. ishak
    9.ismail
    10. yakub
    seterusnya tolong pembaca yang lain kasih info yang benar
    maaf!
    sukron!
    Wassalam

    • @aidy–>kalo menurut saya urutannya sudah benar 99%, coz saya sudah hapal sejak smp dari buku sejarah islam, dan juga dari lagu-lagu islami, urutannya juga seperti yang saya tulis disini, maaf, anda sumbernya dari mana, jika dari alquran tolong sebutkan surat dan ayat berapa? thanks atas masukannya

    • sdh benar kale…..

      masa kamu gx hhafal nama2 nabi.??

    • jangan menyalakan
      semua itu jelas2 di alkuran ada coba aidy di baca secara berulang……..

  8. untuk aidy kok aneh kenapa nabi ishak dulu padahal yang lahir pertama adalah nabi ismail dulu kemudian setelah itu 13 tahun lahir nabi ishak , coba baca sejarah tuch

    • kamu tahu urutan nama2 nabi nggak.??

      masa orang islam nggak hafal nama2 nabi..??

      bikin malu aja
      sorry kalo soch ceramah… :)

    • ini urutannya berdasarkan saat pemberian wahyu pertama bukan menurut lahirnya para nabi kan. cmiiw

  9. nabi Nuh AS berdakwah hampir satu milenium.sangat pantas diberi gelar Ulul Azmi

  10. alhamdullilah akhurnya tau dehhhhhhhhhhh!!!!!!!!!\
    (^:^)

  11. tolong cabut nyawaku

    • sesungguhnya Allah sangat senang dengan orang yang mengingat mati…..
      dan akan melaknat orang yang durhaka terhadap-NYA dan durhaka terhadap orang tua… :D

      • janganlah kamu minta mati dan mematikan hidupmu.

    • Kamu mau dicabut nyawa skarang.baiklah, sediakan Pisau yg tajam, lalu gorokkan kelehermu. klo sudah beritahu aku, insya ALLAH ,ALLAH akan kabulkan permintaanmu

  12. wkwkwkwkwk, la kalo nabi hidir gmn bos?

    • kalo nabi hidir itu selain 25 nabi tersebut dan masih banyak juga nabi-nabi selain 25 nabi tersebut, namun memang 25 nabi tersebut adalah nabi yang paling tidak harus kita ketahui

      • sesungguhnya kalian sudah termasuk orang2 yang KAFIR….

  13. Alhamdulillah…sukron..

  14. nuhun

  15. kita semua harus berpatokan kepada kitab suci (Al-Qur’an)
    :) :) :) :) :) :-D

    • Dandy@ Ma’af ane kurang setuju kalo hanya berpatokan pada ( ALQUR’AAN,to ) Jumhuriyyah Ulama salapussolihin MENEGASKAN,Harus di gandengi dgn Al-hadist. buknkah begitu,,,,

  16. saya sangat berterima kasih kepada bpk2 smua

  17. yuuupz……….sy setuju
    islam adlh agama yg plng benar :)

    • bkan paling benar.
      Tak ada d alquran menerangkan bhwa islam adalah agama paling benar
      tp islam adalah agama yg benar.

  18. islam agama penyelamat…pokoknya cam kan itu

  19. Ygi teladan nabi kita ok all :)

  20. yang terpenting adalah meneladani nabi kita ok all :)

  21. Update lagi oke

  22. makasih infonya, berguna sekaliii :D

  23. Islam is the religion really the best in the world, and most either in the presence of GOD.>Sesungguhnya islam adalah agama yg pling baik d dunia dan paling baik d hadapan ALLAH,,,,, Sepertihalnya ALLAH berfirman dlm Alqur’aan.> ( Innaddiina indallaahil islaam ). Maka dari itu jangan perdebatkan tentang adanya islam.

  24. ingatlah bahwa tidak ada lagi nabi maupun rasul utusan Allah aza wajalla dibumi ini selain yang telah diterangkan oleh nabi Muhammad SAW. kalau ada itu……. cukuplah. nanti gi

  25. maaf ya sepengetahuan saya emang nabi ismail dulu br ishak. Ismail dari budak yg dimerdekakan namanya siti hajar, sdngkan ishak dari siti sarah istri pertama nabi ibrahim. Krn udh berpuluh2 thn ga pny anak jd nabi menikahi budaknya (yg dimerdekakan) yaitu siti hajar. Nah setelah itu siti sahar melahirkan di usia 90an, melahirkan iskhak. Ismail menjadi moyang bangsa arab, iskhak moyang bangsa yahudi. Makanya yahudi merasa lebih unggul krn lahir dr istri pertama nabi ibrahim, sdngkan bangsa arab dianggap mereka dari budak. Pdhl Allah tdk pernah beda2kan manusia hanya berdasarkan moyangnya statusnya apa. Kalo emang bejad kafir ya masuk neraka juga. (sumber : sejarah yg valid, klo gak bisa di googling jg kok)

  26. mau nambahin juga sbnernya bani israil itu gak usah nyombong atas leluhurnya yg dr istri pertama nabi ibrahim (siti sarah),, karena siti hajar juga backgroundnya lebih bangsawan. Beliau anak raja yg dikalahkan firaun jd akhirnya mau ga mau jd tawanan firaun, bsa dibilang budak, tp budak yg asal usul bangsawan bedalah sama budak dr rakyat biasa. Trs sama firaun siti hajar diberikan sebagai hadiah ke nabi ibrahim A.s. Sekian yg saya tau…. :)

  27. mau nambahin juga sbnernya bani israil itu gak usah nyombong atas leluhurnya yg dr istri pertama nabi ibrahim (siti sarah),, karena siti hajar juga backgroundnya lebih bangsawan. Beliau anak raja yg dikalahkan firaun jd akhirnya mau ga mau jd tawanan firaun, bsa dibilang budak, tp budak yg asal usul bangsawan bedalah sama budak dr rakyat biasa. Trs sama firaun siti hajar diberikan sebagai hadiah ke nabi ibrahim A.s. (jd pada jaman itu bsa dibilang siti hajar adalah tawanannya firaun yg dimerdekakan) Sekian yg saya tau…. :)

    • itu gimana sih

  28. diandra@ keren bgt.. dan mank betul itu setau saya.. Sebenarny keturunan bani israil ada sebagian g mempercayai hal itu,, tetapi krna kesombonganny yg mmbuat mereka bebal.. saya barusan liat salah satu stasiun tv swasta nasional,, yg jelas tv ny bani isroil.. pertama mereka menayangkan film cerita nabi ibrahim,, yg mempercayai adany kurban. sesi berikutny saya liat film crita nabi musa yg termasuk bani israil,, musa mempercayai firman tentang sunat bagi laki2. maka anakny yg pertama di sunat.. padahal itu film versi mereka.. tp mereka munafik dengan itu.. dan film itu menurut sy benar,, cm bkum sampai batas kesempurnaan sampai adanya rasul setelah mereka.. mohon tambahan bila ada kurang, thankz

    • keren apa

  29. maaf sedikit lagi,, bagi bani israoil yg jaman sekarang mereka gk ngerti tentang ketauhidan.. maka dari itu mereka berfikir hanya mengandalkan otak yg mereka anggap mereka paling pintar tanpa berfikir dari hati..yang pada dasarny suatu kepercayaan untuk pegangan hidup dunia akhirat, untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan. maka dari itu mereka bisa dan sanggup merubah keputusan yang ada yg padahal itu juga bagian dari mereka(perjanjian baru).. dan itulah ciri2 orang munafik.. klo memang bani isroil menganggap mereka benar mengapa mereka tidak sanggup membunuh bahkan menghambat syiar rasulullah.. bahkan sampai sekarang.. jumlah kita lebih besar. Allahu Akbar..

  30. aneh yah orang” nasrani koq benci sama orang arab, padahal yg dianggapny tuhanny asal-usulny dari tanah arab(wilayah arab),bukan dari itali atw vatikan tp malah cinta vatikan trus benci arab, ohh mungkin kenal agama tp ga tau sejarah kalee..

  31. wah banyak buaget

  32. ASSkummm,bagi saya islam tdk prlu di debatkan,sesuai dgn keyakinan msing2,tp kita haruss kita salng menghormati n menghargai,,antar umat beragama,n berzikirlah di setiap detak jantungmu,SMOGA BERMANFAAT,

  33. assalamualaikum saya berminat disini dalam worldpress

    salam ♪

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: