Tips Merubah Windows XP Sp3 menjadi SP2 atau SP1


Apakah anda tahu bahwa Windows XP SP3 tidak kompatible dengan berbagai driver hardware ?  dan pernahkah anda mengalami kejadian seperti tersebut seperti yang saya alami ? Lalu bagaimana mengatasinya? Apakah harus Install ulang dengan Windows XP SP2 ? kelamaan dong, nach beginilah caranya!


Caranya adalah dengan merubah register SPnya sesuai dengan yang kita inginkan.
1. Jalankan regedit melalui Start>Run>lalu ketik : REGEDIT
2. Tekan icon (+) Plus pada HKEY_LOCAL_MACHINE
3. Tekan icon (+) Plus pada SYSTEM
4. Tekan icon (+) Plus pada CurrentControlSet
5. Tekan icon (+) Plus pada Control
6. Tekan icon (+) Plus pada Windows
7. Dilayar sebelah kanan klik dua kali pada CSDVersion
8. Masukkan angka di Value data dengan Base Hexadecimal, yaitu :

  • 100 untuk SP1
  • 200 untuk SP2
  • 300 untuk SP3

9. Apabila ingin merubah menjadi SP2 maka masukkan di Value data sebesar 200.
10. Tekan tombol OK untuk menyimpannya
11. Restart
12. Install driver yang bermasalah tadi
13. Setelah berhasil restart kembali
14. Ubah kembali CSD Versionnya menjadi SP3 dengan mengikuti langkah 1 s/d 8
15. XP kembali normal menjadi SP3 dan driver sudah terinstall.

Selamat Mencoba

31 Tanggapan

  1. SIp banget..makasih

  2. maz, klo modem zte mf622 koq ga mau di sp3 gmn ya, apa jg perlu di downgrade ke sp2 trus di kembalikan lg ke sp3, mkc

    • @wirabumi–>tul, kenapa gak anda coba aja, caranya seperti yang saya ajarkan!

  3. KALO win xp3 aku ga bisa di install xp2 lg gmn donk

  4. Sayangnya pc gua lg kna virus

  5. Klo buat di install ulang ke sp 2, gmna cranya…
    please ksi tw….!!!!

    • gak usah di instal ke sp 2 lagi, diganti aja nilai registrinya ke 200 seperti dijelaskan diatas tadi

  6. Gan, thxxs yak..
    Ni tutor berguna banget.
    Kasus ane, ane uda install SP3, wktu mau jalanin TV tuner dy gag mau alo pake SP3. Trs ane ikutin tutor ini, jadi downgrade ke SP2. Skg bisa deh.

    Thxs

  7. bro… itu ngerubah xp secara keseluruhan apa cuma ganti tampilannya aja yang tulisannya dari SP3 diganti ke SP2???

    ane mau instal foxpro tapi runtimenya gak mau ke instal juga…

    • systemnya doang ganti ke sp3, tapi tampilannya tetep gak berubah

  8. gan,, mau tanya nihh,, pa da hubunganya ya ma hardware sound kalo pake sp 3 gk bunyi tuh suaranya,, padahal gk terdetect error??? solusinya gmnaaa??? nih??? plizzzzzzzzz

    • @randy->>gak ada

  9. om mau tanya… kan aq pake sp 3 mau dinstal ulang sama sp 2 pake cara yang om pake,kira” bisa ga om?

    • gak perlu di install ulang, cuma dirubah registrinya aja

  10. yang pada nanya aneh semua…kaya g nyimak tutornya

  11. terimakasi masih saya coba …..

  12. mantap cing…kl utk driver yg lain perlu di update lg ga?? semisal sound card ama yg lain??

    • ya tergantung masing-masing gan, kalo misalkan waktu install minta di update ya di update aja

  13. ga bs gan… blom bisa install driver vga nya.. ga sesuai dgn minimum requiredment

  14. Bro,
    itu untuk case windowsnya udah install sp 3.
    kalo baru update sampe sp2 aja, trus kita rubah jadi 300 apa bisa jadi sp3 beneran bro?

    • gak bisa gan, tetep aja sp2 dalemannya

  15. mo tanya ya , . . ketika komputer dinyalakan minta restart truss.. apa itu indikasi nya atau bukan ?
    kejadiannya pas saya upgrade memory di sp3 …

    • @doobqoop->itu memorinya yang gak cocok sama komputer agan, makanya restart terus

  16. untung aku belum install sp3. emang bedanya apa sama yang sp2?

    • mungkin securitinya

  17. suhun mas

  18. Tanya Bos…gw paku xp sp3 n gw periksa realtek ac 97 audio, tapi gw ga’liat tampilan speaker kuning (realtek hd audio manager).gmana cara nampilin n aktivin realtek hd audio managernya…?

    • berarti yang ke install cuman sekedar drivernya doang, belum semuanya

  19. nih cara bner pndah ke SP2.. klo lu pada yg instal SP3 lewat CD, berarti lu harus format dlu komputer, trus di instal ulang, klo lu instal SP3 lewat donload atau update, bisa di hapus lewat add or remove program yg terdapat di control panel.. nah lu un install aj deh SP3ny
    ehm SP 3.. merugikan bget.. gk bisa install program2

  20. Mas yang baik hati, maaf mau tanya nih, ada masalah ga kalo registri yang sudah saya rubah value CSD menjadi 200 tapi setelah restart tidak saya kembalikan ke Value CSD 300 yaitu value dari SP 3?

    • seprtinya gk ada masalah,kalo ada masalah tinggal diganti lagi aja, kan gak bayar :-)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

